Home » » Apa Itu Tengat? (Sebuah Pengertian dari Gelas Kosong)

Apa Itu Tengat? (Sebuah Pengertian dari Gelas Kosong)

Posted by Penyair Gelas Kosong on Selasa, 24 Mei 2011

Bismillahirrahmanirrahim...

Tengat secara harfiah artinya batas.
Contoh: tengat waktu, tengat manusia, tengat kesabaran, dll.

Definisiku dengan kata "tengat" adalah bahwa kita semua (manusia) memiliki batas. Begitu juga dengan ilmu pengetahuan yang dimiliki masing-masing individu sudah jelas memiliki batasnya seperti batas pandangannya.
Solusi terbaik untuk memperkecil batas adalah saling berbagi dan bekerja sama, seperti yang diperintahkan Allah SWT: "Saling tolong-menolonglah kamu dalam kebaikan."

Dari falsafah hidup itulah aku menggunakan kata "tengat" yang tidak lain adalah Akronim* dari dua kata, yaitu "Tetap Semangat".
Menurutku pribadi kata "tengat" begitu pas di hati untuk memotivasi diri. Karena dari keterbatasan makhluk atau manusia akan termudahkan segala urusannya dengan bantuan makhluk atau manusia lain. Toh, Tarzan saja bisa hidup karena bantuan para binatang. Mengapa kita tidak bisa lebih hidup jika pertolongan datang dari manusia, lagipula kita tidak tinggal sendirian di hutan kan?

Tapi ingat, selama kita masih bisa melakukan suatu pekerjaan atau masih bisa menghadapi masalah dan menyelesaikan semampunya, maka lakukanlah. Jangan lantas segera meminta bantuan/ pertolongan pada orang lain. 1 hal lagi yang paling fundamen, pertolongan Allah adalah pertolongan yang hakiki. Jadi, mari kita senantiasa meminta hanya kepada-Nya untuk selalu dimudahkan dan diberikan manfaat atas segala keterbatasan yang kita miliki. Amin...

Tengat yang berarti batas akan dilumpuhkan dengan tengat yang berarti tetap semangat, karena motivasi dari luar dan dalam diri setiap manusia itu sangat dibutuhkan.
Demikianlah sedikit penjelasanku mengenai "tengat", mohon maaf apabila banyak kekurangan dan kekhilafan. Semoga dapat berkenan, bermanfaat dan menginspirasi... Semoga damai bersama.. Amin...



*) Definisi Akronim atau pengertian pemendekan adalah hasil bentuk gabungan dua kata atau lebih yang memiliki unsure-unsur huruf awal dari suku kata dari beberapa kata yang digabungkan menjadi satu. Misalnya ASEAN yang berasal dari kata Association South East Asia Nation, USA yang berasal dari kata United Stated of America atau VOA yang berasal dari kata Voice of America, di Indonesia misalnya KONI yang berasal dari kata Komite Olahraga Nasional Indonesia. Kata-kata yang terbentuk sebagai hasil penyingkatan ini lazim disebut akronim. Kata-kata yang berupa akronim ini kita dapati hampir dalam semua bidang kegiatan. Contoh lain rudal berasal dari peluru kendali, dan lain sebagainya.


*** salam kegilaan dan TENGAT berkarya; Tamasya Musafir Kata ***

SHARE :
CB Blogger
Comments
0 Comments

Poskan Komentar

Berlangganan via Email

 
Copyright © 2014 Penyair Gelas Kosong. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Design by Creating Website and CB Blogger