Home » » Komunitas Literasi Rumah Dunia (KLRD)

Komunitas Literasi Rumah Dunia (KLRD)

Posted by Penyair Gelas Kosong on Senin, 27 Juni 2011

Oleh : Gol A Gong
[Gabung email ke: komunitasliterasirumahdunia@yahoo.com]


I. PENDAHULUAN
Setelah berjalan 1 tahun, Gong Publishing mulai menunjukkan eksistensinya. Hasil dan manfaatnya signifikan,; bermunculan penulis lokal yang menembus pasar nasional. Setiap buku terbit, minimal 500 eksemplar diserap pasar di Banten , sisanya 1000 eksemplar bersaing di pasar nasional. Di era sekarang, pasar komunitas memang sangat potensial. Grup Cendolers di facebook dengan anggota hampir 5000 contoh terkini. Mereka bisa menerbitkan buku dan tabloid serta kemah sastra. Buku dan tabloid mereka terbitkan dan mereka serap di komunitas mereka sendiri. Lusar biasa. Komitmen, loyalitas, toleransi, dan solidaritas di antara mereka sangat tinggi, sehingga anggotanya jadi berdaya guna. Ini hampir sama dengan Forum Lingkar Pena di era awal tahun 2000-an. Setelah Gong Publishing menggelinding 1 tahun, marilah kita saling merapat. Maka, saya tawarkan sebuah gagasan.

Ini adalah komunitas literasi yang lintas batas. Komunitas ini mengusung nilai-nilai gotong-royong, toleransi, dan solidaritas kepada sesama penulis, calon penulis, dan para pembeli buku. Jika bergabung di komunitas ini, kita akan mendapatkan kemudahan mendapatkan buku dari para penulis dengan latar belakang budaya lokal yang kuat tanpa perlu sibuk ke toko bjuku dan peluang karya kita diterbitkan.

II. INVESTASI
Gagasan itu membentuk KOMUNITAS LITERASI RUMAH DUNIA (KLRD) Anggotanya minimal harus 500 orang. Kalau bisa lebih, luar biasa. Siapa saja boleh jadi anggota. Lintas kota, lintas provinsi, warga dunia. Dia bisa penulis, calon penulis, pembaca buku, aktivis buku, dosen, apa pun, yang penting peduli pada perubahan di Banten. Persyaratannya, setiap anggota berkewajibannya investasi uang sebesar Rp. 300 ribu setahun. Pembayarannya boleh lunas, boleh dicicil 6 x, berrti sebulan membayar Rp. 50.000,- Ringan bukan?

Uang itu akan Gong Publishing jadikan modal bergulir menerbitkan 6 buku/tahun. Kesepuluh buku itu, tentu karya dari para anggota. Di tahun kedua, investasi berlanjut. Tidak akan naik. Justru bisa saja berkurang jadi Rp. 250.000,- Kemungkinan berkurang itu ada, jika anggota bisa lebih dari 1000 orang. Jika kita mau bergotong-royong, kita termasuk yang ikut membuka peluang kerja; editor, disain grafis, dan sales marketing, dll. Setiap judul buku akan dicetak 2000 eksemplar. Sejumlah 500 buku akan diserap anggota dan sisanya akan didistribusikan ke toko-toko buku besar.

Dengan uang sebesar itu, setiap anggota KLRD akan mendapatkan kartu anggota dengan keuntungan fasilitas beragam.

1. BELANJA DISKON:
Kartu anggota dengan peluang menggiurkan di Banten; mendapatkan diskon belanja di Aneka Swalayan Serang dan berbelanja buku di Tiga Serangkai Serang dan Cilegon. Untuk se-Indonersia, jika anggota lebih dari 1000 orang, akna diupayakan mendapat fasilitas diskon belnja buku di TB Gramedia.

2. BUKU GRATIS:
Setiap anggota akan mendapatkan 6 buku karya para anggota secara gratis. Komposisi buku itu berupa novel (2), antologi cerpen (1), puisi (1), how to (1), dan kisah inspiratif (1). Ini tentu peluang besar, karena buku-buku yang akan diterbitkan Gong Publishing lebih memprioritaskan karya anggotanya. Setiap tahun akan terbit 2 novel, 1 kumcer cerpen dan antoloji puisi dengan genre serius dan popular, 1 buku how to dan 1 buku inspiratif. Jika anggotanya mencapai 1000 orang, setiap judul buku bisa dicetak 3000 eksemplar.

3. WORKSHOP:
Setiap anggota akan mendapatkan peluang mendapatkan pelatihan menulis dari Gong Publishing, bertempat di Rumah Dunia atau di sebuah kota yang banyak anggotanya. Juga menghadiri peluncuran dan bedah buku dengan narasumber penulis nasional.

4. PINJAMAN BUKU:
Untuk yang berdomisili di Banten, setiap anggota akan mendapatkan fasilitas pinjaman buku gratis di Rumah Dunia.

III. PENDAFTARAN
Setiap orang yang tertarik bisa mendaftar lewat email ke gongpublishing@yahoo.com dengan menyertakan bio data, foto, dan foto copy identitas. Bisa datang langsung ke Rumah Dunia menghubungi Muhzen Den. Orang yang tertarik bergbung boleh orang yang lahir di Banten, berdomisili di luar Banten, atau siapa saja. Yang penting mematuhi persyaratan ini. Setelah itu transfer ke BCA Serang, Norek: 245 1790 121, an. Heri Henderayana Harris. Confirmasi ke Tias Tatanka di 081906311007.

IV. PENDAFTAR
Alhamdulillah,
DAFTAR ANGGOTA YANG TERDATA (Update):
NO NAMA
01 Abdul Latief S Mulyadi
02 Ahmad Mukhlis Yusuf
03 Sri Lukiati
04 TB. Luki
05 Budi Setiawan Jamhur
06 Fuad Hasyim
07 Koelit Ketjil
08 Achmad Anshari
09 Pipit Fiharsi
10 Tri Winangun
11 Indah Prihanande
12 Anggit Wicaksono
13 Park Hye Lie/ Shally F.
14 Anazkia Aja
15 Riris Ernaeni
16 Yoyo Mulyana
17 Dewi Sartika Bunyamin
18 Dewi Nova
19 Noval Ramsis
20 M. Fajar Azman
21 Hyun Ji Hen/ Ana Aprihati
22 Ali Nurdin
23 Noer Bakri
24 Hudaya Latuconsina
25 Das Albantani
26 Irfan HQ
27 Diday Tea
28 Andi S Trisnahadi
29 Fitri Suciawati
30 Rimba Alangalang
31 Wanja al-Munawar
32 Piter Tamba Satu
33 Piter Tamba Dua
34 Riana Sriwijayanti
35 Okti Li
36 Dwi Hariyanto
37 El Nafisa
38 Syukur A Mirhan
39 Adkhilni M. Sidqi
40 Putri Mbalelo
41 Gading Tirta
42 Langlang Randahawa
43 Abdul Salam HS
44 Muhzen Den
45 Ahmad Wayang
46 Endang Rukmana
47 Hadi Hartono
48 Lanang Sejagat
49 Anas Nasrudin
50 Ibnu Adam Aviciena
51 Harir Baldan
52 Ina Inong
53 Toto ST Radik
54 Firman Venayaksa
55 Yoki Oki
56 Rama Safra’I Rahmat
57 Budi Wahyu Iskandar
58 Setiawan Chogah
59 Rayhan
60 Siti Surhana
61 Ririn .R
62 Ayu Pangestu
63 Nendri Ayu Utami
64 Rully
65 Sarwani
66 Wiwi Novianti
67 Fauji Maulana
68 Lia Sulistiawati
69 Dini El Falasi
70 Ade Umama
71 Annis Diniati
72 Kholifah
73 Tubagus Rangga Efarasti
74 Phoenix Wibowo
75 Nita Nurhayati
76. Muhammad Rifqi, ST, SKom
77 Lili Romli
78 Yudi Juniardi
79 Muhammad Rifqi Syarbini
80 Gita Rustiawati
81 Rahmat Heldy HS
82. Fahri Azisa
83. Pipiet Senja
84. Ilham Q Moehiddin
85. Damarati Sabda
86. Tias Tatanka
87 Hilal Ahmad
88. Ali Sobri
89. Sabrina Mumtaz
90. Nurzahara Amalia
91 Erna Yuliawati
92 Edi
93 Dedi Setiawan
94 Budi Arbina
95 Tb Mh Idris Kartawijaya
96 Alun Senja/ M. Alwi

Mohon masukannya bila ada nama-nama yang belum terdata. terima kasih.
V. PENUTUP
Begitulah, rekan, yang saya tawarkan lewat Gong Publishing adalah peluang dan kemudahan. Dengan cara gotong royong seperti ini, kita bisa eksis di dunia kepenulisan di Indonesia. Insya Allah. Bagi yang berdomisili di Banten, kita tidak perlu jauh-jauh menerbitkan buku. Bagi yang berdomisili di luar Banten, bisa memiliki peluang di Gong Publishing. Dengan cara ini, secara tidak langsung kita ikut memperbaiki Indonesia dari kampung halaman yang kita cintai. Rumah Dunia (www.rumahdunia.net) sebagai agen perubahan di Banten yang sudah menggelinding selama 10 tahun, menembus batas geografis, akan memiliki unit usaha yang sehat untuk menopang operasional dan kalender kegiatannhya.

Secara pribadi, saya memohon agar gagasan ini mendapat dukungan dari warga Banten, dimanapun domisilinya atau siapa saja yang peduli pada dunia literasi. Sudah sepuluh tahun, tak cukup lagi hanya mendukung dengan do’a. tapi perlu ditingksatkan, yaitu do’a dan tindakan. Seperti pepatah lama, “Kita mmeetik panen dari apa yang kita tanam 30 tahun yang lalu.” Itu berarti, kita sedang berupaya menanam buah literasi secara bersama-sama dan panennya akan kita petik 30 tahun kemudian. Terima kasih atas perhatiannya.

Tetap semangat
Gol A Gong

SHARE :
CB Blogger
Comments
0 Comments

Posting Komentar

 
Copyright © 2014 Penyair Gelas Kosong. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Design by Rangga and Atika