Home » » Pengertian Hipertensi

Pengertian Hipertensi

Posted by Penyair Gelas Kosong on Rabu, 16 November 2011

Hipertensi


Hipertensi adalah suatu kondisi klinis dimana terjadi peningkatan tekanan darah secara konsisten diatas tekanan darah normal , menurut JNC VII jika tekanan darah >= 140/90 mmHg. Hipertensi berdasarkan penyebabnya dibedakan atas hipertensi primer dan hipertensi sekunder.  Hipertensi primer adalah hipertensi yang tidak diketahui penyebabnya, 90 % dari penderita hipertensi adalah hipertensi primer sedangkan hipertensi sekunder adalah hipertensi yang ada penyebabnya.

Hipertensi sering dikenal sebagai  Silent Killer karena 90 % pasien menderita hipertensi tanpa gejala. 10 % pasien penderita hipertensi dengan gejala seperti nyeri, sakit kepala, rasa tidak nyaman, suhu meningkat dll.

Banyak orang mengabaikan penyakit ini dan salah dalam menyikapi nya. Hipertensi adalah penyakit yang tidak bisa disembuhkan tetapi bisa di kontrol sehingga mencapai tekanan darah normal, jika tidak di kontrol maka menyebabkan kerusakan target organ, kalau pada ginjal akan menyebabkan gagal ginjal, pada jantung akan menyebabkan gagal jantung, infark miokard, aritmia dan pada otak akan menyebabkan stroke, semuanya berujung kepada kematian.

Meningkatnya tekanan darah akan memperberat kerja jantung dan pembuluh darah, sehingga mempercepat terbentuknya arterosklerosis di pembuluh darah, jika arteroklerosis terbentuk di pembuluh darah jantung akan ber akibat terjadinya iskemia (supply darah ke jantung  tidak mencukupi kebutuhan jantung) kemudian di ikuti oleh gejala nyeri dada yang disebut dengan angina kemudian berlanjut terjadinya kematian jaringan otot jantung dan berujung kepada terjadinya gagal jantung dan kematian. Jika arterosklerosis terbentuk di pembuluh darah utama jantung akan berakibat kepada kematian mendadak. Jika arterosklerosis terbentuk di pembuluh darah otak akan berakibat kematian jaringan otak atau disebut stroke dan juga berujung kepada kematian. Pada ginjal, hipertensi mengakibatkan terjadinya penebalan dinding arteri dan kapiler ginjal sehingga fungsi ginjal untuk filtrasi menjadi kurang efisien dan kemudian berlanjut kepada terjadinya gagal ginjal dan kematian.

Karena begitu besarnya pengaruh hipertensi terhadap oragan-oragan utama kita maka jangan lupa untuk selalu konsultasi ke dokter untuk mendapatkan pengobatan terbaik sehingga tekanan darah terkontrol dan terhindar dari kerusakan organ utama kita.

***



SHARE :
CB Blogger
Comments
1 Comments

1 komentar:

Arif Zunaidi Riu_aj 16 November 2011 06.10

Sering ngalamin kayaknya. tapi ya udahlah, dinikmati aja, jadi sring hati2 sekarang. :)

Poskan Komentar

Berlangganan via Email

 
Copyright © 2014 Penyair Gelas Kosong. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Design by Creating Website and CB Blogger