Home » » Perbedaan Antara Belajar dan Pembelajaran

Perbedaan Antara Belajar dan Pembelajaran

Posted by Penyair Gelas Kosong on Senin, 20 Agustus 2012


Apakah rekan-rekan Gelas Kosong tahu perbedaan antara belajar dan pembelajaran? Nah, pada materi kali ini TRE akan mengulas perbedaannya. Kita simak bersama yuk... *^_^*

Pendidikan merupakan upaya untuk memanusiakan manusia. Manusia adalah makhluk tinggi derajatnya dibandingkan dengan makhluk lain. Hal ini dikarenakan Allah telah menganugerahkan kemampuan berbahasa dan akal pikiran atau rasio. Namun ada yang mengatakan bahwa manusia adalah makhluk yang paling unik. Dengan alasan dalam beberapa waktu saja manusia itu sudah membelotkan perkataannya.
Pendidikan merupakan usaha dengan sengaja dari orang dewasa memberikan bimbingan kepada anak murid (peserta didik), dengan tujuan untuk membina mental dan spiritual hingga tercapainya istilah insan kamil. Dalam proses pendidikan guru dan siswa merupakan suatu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan satu dengan yang lain.

Seorang guru merupakan subjek dalam proses belajar mengajar. Sedangkan siswa menurut Djakiyah Drajat mengatakan bahwa siswa merupakan subjek dan objek. Dikatakan sebagai subjek karena siswalah menentukan arah pendidikannya. Dikatakan objek karena siswa menerima transfer ilmu dari guru.

Dalam pendidikan, juga kita mendengar istilah belajar dan pembelajaran. Tentu kita bertanya-tanya dalam hati, apakah istilah belajar dan pembelajaran itu sama? Tentulah berbeda.

Belajar merupakan tindakan dan perilaku siswa yang kompleks, sebagai tindakan, maka belajar hanya dialami oleh siswa sendiri. Siswa adalah penentu terjadi atau tidak terjadinya proses belajar. Proses belajar terjadi karena siswa memperoleh sesuatu yang ada di lingkungan sekitar. Lingkungan yang dipelajari oleh siswa adalah keadaan alam, benda-benda, hewan, tumbuh-tumbuhan, manusia atau hal-hal yang akan dijadikan bahan belajar.

Belajar adalah proses mencari, memahami, menganalisis suatu keadaan sehingga terjadi perubahan perilaku, dan perubahan tersebut tidak dapat dikatakan sebagai hasil belajar jika disebabkan oleh karena pertumbuhan atau keadaan sementara. (Syaifuddin Iskandar, 2008:1).

Sedangkan pembelajaran atau instruksional adalah usaha mengorganisasikan lingkungan belajar sehingga memungkinkan siswa melakukan kegiatan belajar untuk mencapai tujuan pembelajaran dengan menggunakan berbagai media dan sumber belajar tertentu yang akan mendukung pembelajaran itu nantinya.

Gelas Kosong
Tamasya Musafir Kata

Salam SGB dan tengat berkarya.
Mari berkarya sastra untuk budaya bangsa.
Semoga berkenan, bermanfaat dan menginspirasi.
Semoga damai bersama. Amin...

***

SHARE :
CB Blogger
Comments
0 Comments

Posting Komentar

Berlangganan via Email

 
Copyright © 2014 Penyair Gelas Kosong. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Design by Creating Website and CB Blogger