Home » » Jumlah Populasi Laki-laki Lebih Banyak daripada Perempuan

Jumlah Populasi Laki-laki Lebih Banyak daripada Perempuan

Posted by Penyair Gelas Kosong on Selasa, 18 September 2012

Saat ini ketidaktepatan info masyarakat awam bahwa jumlah perempuan lebih banyak daripada laki-laki masih saja sering terdengar. Hal ini membuat saya penasaran, berapa sih persisnya rasio antara laki-laki dan perempuan di dunia ini?

Sedikit iseng-iseng nanya beberapa teman kantor tentang perbandingan antara perempuan dan laki-laki, hasilnya ternyata 100% menjawab perempuan lebih banyak daripada laki-laki. Perbandingannya bervariasi ada yang sekedar jawab lebih banyak, ada yang perbandingannya 1:2, ada yang 1:3 dan yang paling besar menyebutkan perbandingannya 1:4, merujuk bahwa poligami diperbolehkan sampai 4. Ini hanya survey iseng terhadap beberapa orang teman satu kantor.

Seiring berkembangnya teknologi dan informasi bisa didapat semudah membalikkan telapak tangan, makanya kita langsung saja membuktikan hipotesa tadi. Hal yang paling gampang adalah dengan bertanya pada mang Google. Ternyata informasi tentang populasi penduduk bumi sangatlah banyak.

Perbandingan populasi antara perempuan dengan laki-laki biasa diistilahkan dalam bahasa Inggris adalah Human Sex Ratio adalah jumlah laki-laki setiap perempuan di dalam satu populasi. Populasi di sini bisa populasi pada suatu daerah, Negara atau populasi masyarakat di dunia. Angkanya biasa ditunjukkan dalam laki-laki per 1 perempuan atau laki-laki per 100 perempuan ada juga yang laki-laki per 1000 perempuan. Pada prinsipnya sama saja.
 
Hasil penelitian CIA yang digambarkan pada buku The World Factbook yang dirilis 13 April 2011 lalu menunjukkan bahwa rasio laki-laki dan perempuan adalah 1,02 artinya terdapat 1,01 laki-laki setiap 1 perempuan atau 101 laki-laki setiap 100 perempuan. Di sini terlihat bahwa di seluruh dunia antara laki-laki dan perempuan ternyata lebih banyak laki-laki.


Map indicating the human sex ratio by country:
 
  Countries with more females than males.
  Countries with the same number of males and females.
  Countries with more males than females.
  No data
 
Angka yang sedikit berbeda ditunjukkan dari hasil penelitian United Nations Statistics Division. PBB lewat divisi statistik menyebutkan bahwa rasionya adalah 100, atau terdapat 100 laki-laki setiap 100 perempuan. Namun ini adalah angka pembulatan karena kalau dilihat dari total populasinya sendiri laki-laki tetap lebih banyak yaitu di dunia ini terdapat (dalam ribuan) 3.505.484 laki-laki dan (dalam ribuan) 3.445.260 perempuan.

Dari hasil survey CIA, pada tahun 2011 rasio pada saat lahir adalah 1,07. Rasio untuk usia di bawah 15 tahun adalah 1,06, rasio antara 15 tahun sampai dengan 64 tahun adalah 1,02, sedangkan untuk usia di atas 65 tahun adalah 0,78. Word Development Bank (WDB) memperkirakan pada tahun 2012 pada saat lahir rasio antara laki-laki dan perempuan adalah 1,07.

Bagai mana dengan Negara kita? Secara total, rasio antara laki-laki dan perempuan menurut survey CIA adalah 1, sedangkan menurut sensus United Nations Statistic Division (UNSD) adalah 99.

Populasi penduduk Indonesia berjenis kelamin laki-laki sebanyak (dalam ribuan) 120.619 orang sedangkan perempuan (dalam ribuan) 121.507 orang.

Berdasarkan pengelompokan umur rasio jenis kelamin antara laki-laki  per satu orang perempuan adalah sebagai berikut :
-          Saat lahir                                 : 1,05
-          Di bawah 15 tahun                   : 1,03
-          Antara 15 s/d 64 tahun              : 1,01
-          Di atas 65 tahun                       : 0,8

WDB sendiri memperkirakan rasio laki-laki dan perempuan pada saat lahir untuk tahun 2012 adalah sebesar 1,05. Rasio paling besar berada di Qatar yaitu 315 laki-laki untuk setiap 100 orang perempuan sedangkan rasio terkecil dimiliki oleh Ukraina, Latvia dan Estonia dengan rasio 85 laki-laki per 100 orang perempuan. Jadi kesimpulannya adalah tidak benar bahwa jumlah perempuan lebih banyak daripada laki-laki di dunia ini, karena ternyata dari hasil survey menunjukkan jumlah laki-laki lebih banyak daripada perempuan.

Sumber 1, 2

***

SHARE :
CB Blogger
Comments
0 Comments

Poskan Komentar

Berlangganan via Email

 
Copyright © 2014 Penyair Gelas Kosong. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Design by Creating Website and CB Blogger