Home » , , , , » Undangan Menulis Puisi dan Flash Fiction: “Mama, Gelar Pahlawan Sepanjang Masa”

Undangan Menulis Puisi dan Flash Fiction: “Mama, Gelar Pahlawan Sepanjang Masa”

Posted by Penyair Gelas Kosong on Sabtu, 24 November 2012

Undangan Menulis Puisi dan Flash Fiction:
“Mama, Gelar Pahlawan Sepanjang Masa”
 “Memperingati Hari Ibu, 22/12/2012”


Assalamu’alaikum Wr,Wb.
Wanita, yang disebut juga perempuan, putri, gadis, pemudi, wati, istri dan Mama. Wanita adalah salah satu jenis makhluk dari bangsa manusia yang memiliki halus kulitnya, lemah sendi tulangnya dan agak berlainan bentuk serta susunan tubuhnya dengan pria. Ia diciptakan oleh Allah SWT adalah untuk menyempurnakan peraturan-Nya agar berlangsungnya peradaban manusia di muka bumi ini.

Mama, yang dipanggil juga Ibu, Bunda, Mami, dlsb. Salah satu dari beberapa panggilan itulah yang biasa kita gunakan sebagai panggilan sayang kita (anak) kepada seorang wanita memiliki peranan penting dalam kehidupan kita. Dari semenjak perencanaan Allah atas terciptanya kita, menjadikan kita segumpal daging dan darah, ditiupkannya ruh sampai pula tangisan pertama kita di dunia fana. Ia adalah Mama, mengandung kita selama sembilan bulan (pada umumnya), melahirkan kita dengan dua pilihan (berlangsungnya napas dan terhentinya fana), menyusui kita dengan air yang suci selama dua tahun (pada umumnya), menjaga kita selama putaran rotasi bumi, memberikan kita asupan nutrisi serta makanan bergizi, mengajari kita akan kehidupan, mencukupi kita dengan pendidikan, sampai pada saat dimana kita tumbuh dan besar karena cinta dan kasih sayangnya. Dengan demikian, tidak ada satu alasan pun yang dibenarkan jika kita mendurhakainya. Maka, pantaslah letak surga seorang anak ada di telapak kaki seorang Ibu.

Adapun sabda Nabi Muhammad SAW yang memerintahkan supaya kita (anak) harus berbakti dan berbuat baik kepada kedua orang tua, terutama kepada Mama:
Kata Abu Hurairah R.A:
Telah datang seorang lelaki lalu bertanya; “Ya Rasulullah, siapakah orang yang lebih berhak mendapatkan pelakuan yang baik dariku?”
Beliau bersabda; “Ibumu!”
Aku bertanya kembali; “Kemudian siapa, Ya Rasul?”
Beliau bersabda; “Ibumu!”
Aku bertanya kembali; “Kemudian siapa, Ya Rasul?”
Beliau bersabda; “Ibumu!”
Aku bertanya kembali; “Kemudian siapa lagi, Ya Rasul?”
Beliau bersabda; “Bapakmu, kemudian orang yang lebih dekat denganmu, kemudian orang yang dekat denganmu!”
(Riwayat Imam Bukhari dan Imam Muslim)

Oleh karenanya, Mama adalah Mama, wanita yang harus dihormati, segala perintahnya yang baik harus ditaati, segala pimpinannya yang benar di-follow, ia harus kita muliakan. Jikalau seorang Mama diperlakukan semena-mena, disangkali perintah kebenarannya dan disakiti hatinya. Maka bahaya dan murka Allah SWT akan menimpa. Sungguh restu Mama adalah restu Ilahi.

Kini saatnya kita memperingati Hari Ibu yang jatuh pada tanggal 22 Desember dengan karya teruntuk Mama. Mengucapkan terima kasih pada Mama, mengungkapkan betapa cintanya kita pada Mama,  menghantarkan doa-doa pada Mama atau permohonan maaf yang ingin disampaikan pada Mama. Mari kita untai dan rangkai menjadi puisi dan flash fiction dengan menghadiri Undangan Menulis: “Mama, Gelar Pahlawan Sepanjang Masa”.

Kategori:
  1. Puisi
  2. Flash Fiction

Syarat & Ketentuan Umum:
  1. Warga Negara Indonesia (WNI), tanpa batas usia, agama, pendidikan, suku, daerah, status ekonomi, pandangan politik dan tentunya Undangan Menulis ini untuk insan pembelajar.
  2. Naskah harus asli, orisinal karya sendiri, bukan kutipan, saduran, plagiat, copy paste, terjemahan, bukan karya orang lain atau menjiplak baik sebagian maupun keseluruhan dari naskah yang  telah ada sebelumnya dan belum pernah dipublikasikan, baik media massa cetak maupun media elektronik.
  3. Secara keseluruhan isi naskah (termasuk judul) menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar, bukan bahasa asing, bahasa daerah atau bahasa luar angkasa (baca: Alay). Jika ingin menggunakan bahasa asing atau bahasa daerah harus ditulis miring (italic) dan diberi catatan kaki.
  4. Naskah tidak mengandung unsur SARA, pornografi, politik, diskriminasi, intimidasi dan pelanggaran Hak Asasi Manusia (HAM).
  5. Naskah diketik rapi;
    • Kertas A4,
    • Semua garis tepi 3 cm (Atas, bawah, kiri dan kanan),
    • Jenis huruf Times New Roman dengan ukuran 12 pt,
    • Untuk judul ditulis tebal (Bold) dan tidak diperkenankan menggunakan tema Undangan Menulis ini sebagai judulnya (Mama, Gelar Pahlawan Sepanjang Masa),
    • Jarak garis atau jarak spasi 1,5 pt,
  6. Naskah Puisi maksimal 2 halaman, boleh kurang tapi tidak boleh lebih.
  7. Naskah Flash Fiction berjumlah 222 kata (tidak termasuk judul). Jumlah kata tidak boleh kurang dan tidak boleh lebih.
  8. Pada halaman awal naskah (tidak boleh terpisah), sertakan redaksi seperti berikut;
Kategori         : (Puisi/ Flash Fiction)
Untuk Ibuku (disesuaikan dengan panggilan rekan-rekan) ter .... (boleh tercinta, terbaik, tercantik, termanis, terhebat, atau ter-ter yang lainnya) :
Nama Ibu
Boleh juga menyertakan Tempat, tanggal, bulan dan tahun lahir Ibu (hayooo, ngaku siapa yang nggak tahu...)

Contoh:
Kategori          : Puisi
Untuk Mamaku tercinta: Asliati
Bukit Tinggi, 8 Oktober 1953

  1. Pada halaman akhir naskah (tidak boleh terpisah), sertakan biodata narasi maksimal 50 kata.

Syarat dan Ketentuan Pengiriman Naskah:
  1. Peserta hanya boleh mengirimkan 1 naskah atau 1 karya terbaiknya (dipilih dari 2 kategori; Puisi saja atau Flash Fiction saja).
  2. Simpan (save) naskah dengan format Doc. atau Docx. (bukan Odt., RTF., PDF., dll.).
  3. File naskah diberi nama;
GK-Mama#Nama Penulis/ Nama Pena# P/W (Pria/Wanita)#Judul Naskah
Contoh:
GK-Mama#Tubagus Rangga Efarasti#P# Sebingkai Doa Terangkai Cinta
  1. Naskah dikirimkan via inbox Facebook ke: Tubagus Rangga Efarasti:
Syarat & Ketentuan Khusus:
  1. Salin (copy-paste) Info Undangan Menulis ini ke dalam catatan Facebook masing-masing dan tag 222 orang teman. Ups, selain kebanyakan ternyata memang tidak bisa sebanyak itu. Ya sudah, kalau begitu tag minimal 22 orang teman.
  2. Kemudian bergabung di Fanspage Gelas Kosong;
  3. Kemudian bergabung di Fanspage Tamasya Musafir Kata;
  4. Mau bergabung di grup Tamasya Apresiator (Tamtor)? Silakan kirim inbox kesediaannya kepada TRe. Dengan senang hati, kami siap membantu.

Garis Waktu:
  1. Undangan Menulis ini dibuka pada hari Kamis, 22 November 2012,
  2. Update peserta sementara I pada hari Minggu, 2 Desember 2012,
  3. Update peserta sementara II pada hari Sabtu, 22 Desember 2012,
  4. Update peserta final sekaligus penutupan (dead line) pada hari Senin, 31 Desember 2012,

Penghargaan:
  1. 99 naskah terbaik (49 Puisi dan 49 Flash Fiction + 1 naskah) akan dibukukan secara mandiri di Gelas Kosong Publishing.
  2. Seluruh peserta mendapatkan e-Sertifikat Piagam Penghargaan.

Catatan Penting:
Hanya naskah yang memenuhi syarat & ketentuan saja yang akan didata dalam update peserta.
Jika naskah yang sudah memenuhi kriteria penilaian, maka Undangan Menulis ini akan ditutup, bisa sebelum atau sesudah dead line.
Terima kasih banyak atas segala perhatiannya. Kami nantikan kehadiran rekan-rekan dalam karya Puisi atau Flash Fiction. Mohon maaf atas segala kekurangan akhir kata kami ucapkan;

Salam Gelas Kosong
Berkarya untuk Bangsa yang Berbudaya dan Berkarakter
22 November 2012

***

SHARE :
CB Blogger
Comments
1 Comments

1 komentar:

aan subhan alamsyah 18 September 2013 19.15

ASS PAK KUNJUNGI BLOG SAYA DONG PLISS :D GK MAKSA KOK

http://www.kamikaze425.blogspot.com/
Aan PNC2
-yg ikut lomba Lt :D

Posting Komentar

Berlangganan via Email

 
Copyright © 2014 Penyair Gelas Kosong. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Design by Creating Website and CB Blogger