Home » » Tips Sukses Menghadapi Ujian Nasional SMA

Tips Sukses Menghadapi Ujian Nasional SMA

Posted by Penyair Gelas Kosong on Minggu, 15 April 2012

Ujian Nasional (UN) tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA/ MA/ SMK) akan berlangsung kurang lebih dari 2 (dua) bulan terhitung dari sekarang. Persiapan yang matang sangat diperlukan siswa/ siswi SMA jelang masa pertempuran intelektualitas tersebut. Dengan kata lain UN adalah kegiatan akhir yang merumuskan akademik siswa/ siswi SMA dalam menempuh akademik selama 3 tahun di sekolah. Apalagi sekarang para siswa/ siswi akan menghadapi jumlah mata pelajaran yang di UAS (Ujian Akhir Sekolah) akan bertambah. Ada beberapa tips atau kiat hadapi Ujian Nasional dengan maksimal dan efektif seperti berikut ini:

1. Persiapkan diri dengan baik. Sedapatnya mulai sekarang para siswa/ siswi harus fokus untuk belajar membahas soal yang akan diujiankan. Hal ini sangat penting untuk mereka agar secara mental mereka akan siap. Selain itu juga, pelajari dengan baik cara pengisian LJK dan pastikan diri untuk membiasakan pembulatan pada LJK. Pelajari dan latihan dengan soal-soal UN tahun lalu dan 3 tahun ke belakang (2011, 2010, 2009, 2008). Hal ini akan sangat membantu.

2. Jaga waktu istirahat. Istirahat memberikan efek yang luar biasa bagi tubuh. Tubuh kita tidak boleh terus-terusan dipaksa untuk belajar karena hal ini alan membawa dampak yang tidak baik bagi stamina tubuh. Hasilnya bisa ditebak, pasti akan mengalami kondisi yang tidak diharapkan. Selain itu dengan selalu menjaga kesehatan, maka ketika waktu mengerjakan soal-soal UN pikiran kita akan lebih segar.

3. Jaga Makanan dan Gizi Makanan yang bergizi akan membantu tubuh untuk memaksimalkan kerjanya. Hal ini penting untuk menjaga fisik supaya tetap bugar. Sedapat mungkin hindarilah makanan yang bisa membahayakan kondisi tubuh, seperti makanan yang mengandung bahan pengawet (MSG) atau yang biasa kita sebut mecin/ penyedap rasa.

4. Konsultasi dan sharing kepada guru.
Siswa/ siswi terkadang enggan untuk bertanya/ konsultasi kepada guru. Jika disadari seorang guru amatlah mengerti kesulitan belajar dari peserta didiknya. Guru bisa membantu permasalahan kita dalam akademik sekolah. Saat kita mengerjakan soal-soal latihan di sekolah dan beberapa di antaranya kita belum mengerti, alangkah baiknya sharing pada guru.

5. Berusaha dan Berdoa Berusahalah agar pada hari H Ujian Nasional nanti dapat melakukan dan memberikan hal terbaik. Jangan lupa berdoa karena pasti akan ada bantuan dari-NYA. Doa dari orangtua pun amatlah membantu spiritual jiwa kita sehingga kita akan lebih tenang dan fokus dalam mengerjakan soal-soal UN. Yakinlah, Allah bersama kita, para insan pembelajar...!!!

# TRE#

*) Semoga kelima poin di atas dapat bermanfaat, segala upaya, daya dan doa kita kerahkan. Belajar yang giat mulai dari sekarang adalah kunci keberhasilan di masa yang akan datang. Semoga siswa/ siswi SMA di seluruh Indonesia dapat menjalani UN Tahun 2012 dengan baik, lancar dan diberi kemudahan oleh Allah SWT. Mendapatkan hasil yang membanggakan dan menjadi generasi insan yang mengharumkan pendidikan di Indonesia. Amin... *^_^*

*) Salam SGB dan tengat berkarya

SHARE :
CB Blogger
Comments
0 Comments

Poskan Komentar

Berlangganan via Email

 
Copyright © 2014 Penyair Gelas Kosong. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Design by Creating Website and CB Blogger