Home » » Kalimat Langsung dan Kalimat Tidak Lansung

Kalimat Langsung dan Kalimat Tidak Lansung

Posted by Penyair Gelas Kosong on Jumat, 25 November 2011

Kalimat Langsung
Kalimat Langsung adalah kalimat hasil kutipan pembicaraan seseorang persis seperti apa yang dikatakannya.
Contoh :
Kata Rangga, Dwi, nanti pulangnya saya antar!”
“Dwi, nanti pulang kamu kamu saya antar ya?” kata Rangga.
Kata Rangga disebut kalimat pengiring.
Jika pengiring di belakang perhatikan tanda baca sebelum tanda kutip (Jika kalimat tanya dan perintah sebelum tanda kutip menggunakan tanda “?” atau “!” jika kalimat berita menggunakan koma. Selain itu Huruf awal di pengiring huruf kecil perhatikan contoh berikut.
1.      “Kapan aku pernah menerima cintamu? tanya Rangga.
2.      “Cintailah aku semampumu! pinta Rangga.
3.      “Aku akan mencintaimu apa adanya, kata Rangga.

Perubahan Kalimat Langsung ke Kalimat Tidak Langsung
Dalam perubahan bentuk ini perhatikan perubahan kata gantinya:
Langsung —>Tak Lansung
Saya —-> Dia
Kamu —–> Saya
Kalian —–> Kami
Kami —–> Mereka
Kita —–> Kami

Ada alternatif lain agar tidak menghafal :
Caranya Posisikan diri anda menjadi orang yang diajak bicara setelah itu informasikan kepada orang ketiga.
Contoh : Kata Rangga, “Coba
kamu bantu aku menyelesaikan cerpen ini!”
Maka Anda menjadi orang yang diajak bicara Rangga,
Setelah itu ada orang lain yang bertanya: Rangga tadi bicara apa?
Jawab:
Rangga mengatakan supaya aku membatu dia menyelesaikan cerpennya.
Jawaban Anda itulah kalimat tidak langsungnya.

Selamat mencoba!
1.      Rangga mengatakan, “Menulislah dengan hati, hingga sampai pula ke hati yang membaca.”
2.      Kata Ketua Kelompok KKN Posdaya Cimadu, “Terimakasih atas kehadiran Bapak-bapak dan Ibu-ibu sehingga kami dapat menjelaskan tentang Posdaya,”

Kalimat Tidak Langsung.
Kalimat Tidak Langsung adalah kalimat yang menyatakan isi ujaran orang ketiga tanpa mengulang kata-katanya secara.
Cara mengubah kalimat tidak langsung ke kalimat langsung.
Contoh :
Rangga mengatakan bahwa dia akan datang kerumahku nanti malam.
Untuk mengubahnya maka Anda harus :
1.      Menerka kira-kira Rangga bicaranya apa saat itu.
2.      Ubahlah kembali ke kalimat tidak langsung lagi, cek ulang.
Hasilnya :
Kata Rangga, “Aku nanti malam akan kerumahmu.”


*** salam kegilaan dan tengat berkarya; Tamasya Musafir Kata ***

SHARE :
CB Blogger
Comments
0 Comments

Posting Komentar

 
Copyright © 2014 Penyair Gelas Kosong. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Design by Rangga and Atika